Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Assalamualaikum good readers, selamat membaca Hananfirda’s blog, kali ini kita akan membahas manfaat temulawak untuk kesehatan dan kecantikan, let’s see

Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae)[m. Ia berasal dari Indonesia, khususnya Pulau Jawa, kemudian menyebar ke beberapa tempat di kawasan wilayah biogeografi Malesia. Saat ini, sebagian besar budidaya temu lawak berada di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina tanaman ini selain di Asia Tenggara dapat ditemui pula di China, Indochina, Barbados, India, Jepang, Korea, Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa. (Wikipedia)

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

1. Sebagai Obat Anti Radang

Karena mengandung senyawa yang dapat menekan produksi dari prostaglandin dalam tubuh, maka dipercaya bahwa temulawak  dapat menjadi obat anti radang. Bagi penderita peradangan, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi temulawak.

2. Menjaga Liver Agar Tetap Sehat

Temulawak mengandung senyawa kimia yang dapat menyebabkan masalah atau efek buruk pada organ hati. Dengan mengonsumsi bahan alami, kesehatan organ tubuh Anda dapat lebih terjaga dan kebal terserang penyakit. 

3. Mampu Mengatasi Masalah Sistem Pencernaan

Mengonsumsi temulawak juga dipercaya mampu menyembuhkan perut kembung, pencernaan tidak lancar, hingga mendapatkan kembali nafsu makan yang hilang. Jadi, temulawak banyak disarankan untuk dikonsumsi bagi mereka yang ingin menambah berat badan atau merasa memiliki sistem pencernaan yang kurang sehat.

4. Membantu Tubuh Menangkal Kanker

Dasar ilmiah dari manfaat temulawak ini adalah zat antioksidan yang banyak terkandung di dalamnya. Pertumbuhan beberapa jenis kanker dapat di hambat dengan temulawak.

5. Khasiat Dalam Menangkal Virus Corona

Temulawak memiliki kandungan yang disebut dengan curcumin. Kurkumin itulah yang digadang-gadang mampu menangkal infeksi dari virus Corona pada tubuh. Pasalnya, kurkumin membantu tubuh agar memiliki sistem imunitas yang baik.

Manfaat Temulawak Untuk Kecantikan

1. Mencerahkan Kulit

Bagi kamu yang tidak punya banyak waktu untuk perawatan ke dokter, kamu bisa melakukan perawatan dengan menggunakan masker temulawak. Temulawak juga dapat meningkatkan warna cerah pada kulit wajah sehingga kulit wajah lebih cerah.

2. Menghaluskan Kulit Wajah

Dengan menggunakan masker temulawak secara rutin maka kita akan mendapatkan kulit yang halus dan tidak kasar. 

3. Mengatasi Noda Hitam

Untuk menghilangkan noda hitam, kamu bisa mengkonsumsi temulawak atau juga dapat menggunakan masker temulawak secara rutin seminggu sekali.

4. Menghilangkan Bekas Luka Pada Wajah

Bekas luka bisa didapatkan akibat kecelakaan dan juga terbentur benda tajam. Untuk menghilangkan bekas luka, kamu bisa menggunakan masker temulawak secara rutin.

5. Melembabkan Wajah

Kamu dapat menggunakan masker temulawak untuk melembabkan kulit wajah. Cara membuatnya ialah campurkan bubuk temulawak dengan minyak zaitun dan juga kuning telur. Lalu campurkan ketiga bahan tersebut dan oleskan pada kulit wajah secara teratur.

6. Antioksidan Alami

Menggunakan masker wajah secara rutin akan membuat kulit wajah terhindar dari berbagai bahaya radikal bebas karena temulawak bertindak sebagai antioksidan yang alami bagi kulit wajah.

7. Mencegah Penuaan Dini

Untuk memperlambat penuaan pada kulit wajah, kamu juga dapat menggunakan masker wajah yang dibuat dari bahan alami temulawak. Dengan menggunakan temulawak secara teratur akan membantu mencegah penuaan dini pada kulit wajah.

Nah, itulah manfaat dari temulawak untuk kesehatan dan kencantikan, semoga bermanfaat ya. Nantikan postingan selanjutnya, jangan lupa like,komen, dan share.

See u

Tinggalkan komentar